Metode yang digunakan dalam pendidikan orang dewasa banyak dan beragam. Beberapa diantaranya adalah Diskusi, Demonstrasi, Karyawisata, dan Pelatihan. Keempat metode ini menjadi tugas praktek mahasiswa yang mengambil mata kuliah Andragogi. Kebetulan saya termasuk dalam kelompok Demonstrasi jadi peran saya sebagai partisipan hanya pada tida metode lainnya. Di bawah ini saya akan memberitahukan keuntungan-keuntungan yang saya dapatkan dari mengikuti metode-metode pendidikan orang dewasa tersebut.

DISKUSI
Kelompok diskusi mengambil tema ‘Kekerasan Seksual Pada Anak’ dengan studi kasus pada sekolah JIS. Sebelum diskusi dimulai, mereka menampilkan suatu video mengenai kasus tersebut. Video yang ditampilkan harusnya dapat mendukung tujuan diskusi mereka, akan tetapi menurut saya pribadi pada saat peforma tersebut, video itu tidak mendukung tujuan dari diskusi. Akibatnya tujuan diskusi tidak tercapai dengan baik.
Manfaat yang didapatkan saat mengikuti peforma kelompok Diskusi adalah sebagai berikut:
Mengetahui kesuksesan utama diskusi tidak hanya terletak pada pemimpin diskusi, akan tetapi pada pengamat proses, notulen, dan narasumber.
Mengetahui bahwa bahan yang akan didiskusikan sebaiknya dijelaskan dengan sejelas mungkin kepada peserta diskusi agar tidak menimbulkan makna yang berbeda. Dengan demikian tujuan diskusi dapat mudah dicapai.
Memahami bagaimana cara mempersiapkan dan melaksanakan diskusi yang baik.
Melatih diri untuk dapat menyampaikan argumen di depan umum dan melatih diri juga untuk dapat mendengarkan argumen yang disampaikan oleh orang lain.
Mendapat pengetahuan yang lebih mengenai kasus kekerasan seksual pada anak di sekolah JIS.

KARYAWISATA
Karyawisata yang dilakukan pada Industri Coklat Rumahan Reachoc menurut saya berlangsung baik meskipun ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Untuk persiapannya sendiri sangat baik karena kelompok sudah mempersiapkan transportasi dan buku panduan mengenai sejarah singkat Reachoc.
Manfaat yang didapatkan saat mengikuti peforma kelompok Karyawisata adalah sebagai berikut:
Mengetahui cara membuat coklat yang memiliki variasi rasa buah dan keju.
Dapat belajar membuat coklat sendiri dengan rasa yang divariasikan sendiri.
Mengetahui bagaimana cara melelehkan coklat batang yang mudah, yaitu dengan menggunakan oven.
Belajar mempersiapkan kemasan coklat yang menarik.
Belajar mendinginkan coklat yang telah dicetak sendiri.
Belajar membungkus coklat sendiri dengan aluminium foil.

PELATIHAN
Kelompok pelatihan mengajarkan bagaimana membuat barang daur ulang yang baik dan bernilai guna yang tinggi. Daur ulang yang diajarkan adalah membuat alas piring dari sumpit makan bekas yang telah dibersihkan dan dikeringkan serta telah diwarnai. Proses pelatihan berlangsung dengan baik karena seluruh anggota kelompok pelatihan mempersiapkannya dengan baik. Pada saat peserta sedang membuat alas piring tersebut, beberapa anggota kelompok berkeliling ke peserta untuk mengamati dan membantu peserta jika ada yang dibutuhkan. Mereka juga mengingatkan jika peserta mulai keluar dari instruksi yang diberikan.
Manfaat yang didapatkan saat mengikuti peforma kelompok Diskusi adalah sebagai berikut:
Mengetahui bagaimana cara membuat sumpit bekas menjadi barang daur ulang yang bernilai, yaitu alas piring.
Belajar mengkreatifkan alas piring dari sumpit bekas.
Belajar berkerja sama dalam kelompok untuk meciptakan satu barang jadi yang bernilai guna.
Belajar untuk berkerja memanfaatkan waktu yang diberikan oleh pelatih dengan baik.
Mendapat satu keterampilan baru untuk membuat alas piring dari sumpit bekas dan bagaimana cara menghiasnya.

Dari ketiga metode yang saya ikuti di atas, menurut saya metode pendidikan orang dewasa yang paling efektif adalah metode Pelatihan karena saya tidak hanya mengamati saja bagaimana suatu proses pembelajaran, akan tetapi saya juga dapat langsung mempratekkannya.